Selasa, 30 November 2010

Algoritma

TEKNIK PEMROGRAMAN

Teknik = Cara
Pemrograman = Membuat suatu program
 So....,
Teknik Pemrograman adalah Cara untuk membuat suatu Progam.
Sistem Komputer:
  1. Hardware:
    1. Input (keyboard, mouse )
    2. Proses (CPU, prosesor )
    3. Output (monitor )
  2. Software:
    1. Operating Sistem (Linuk, Windows, Magintos dll)
    2. Aplikasi (Ofice, Adobe dll)
    3. Bahasa Pemrograman (Paskal, C++, Java dll)
  3. Brainware:
    1. User (Pembenahan)
    2. Teknisi / Operator
    3. Programer / Orang yang membuat Program
    4. Analis / Orang yang menganalisa

Tahap Pembuatan Program:
REQUERTMENT (permintaan)
DESIGN (perancangan suatu program)
CODING (Pembuatan Program)
IMPLOITASI TESTING.

ALGORITMA
Algoritma adalah urutan langkah – langkah logis untuk memecahkan suatu masalah.

 FLOWCARD
Simbol Flocard:

Flow Direction: Simbol yang menggambarkan dari symbol satu ke symbol yang lain.


Terminator: Simbol untuk permulaan (Start) atau akhir (Stop) dari suatu kegiatan.



Connector: Simbol untuk keluar masuk atau penyambungan proses dalam lembar atau halaman yang sama.


Connector: Simbol untuk keluar masuk atau penyambungan proses dalam lembar atau halaman yang berbeda.


Processing: Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh computer.



Manual Operator: Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan oleh computer.


Decision: Simbol pemilihan proses berdasarkan kondisi yang ada.



Input-Output: Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatan.


Manual input: Simbol untuk pemasukan data secara manual on-line kiboard.



Preparation: Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan didalam storage.


Predefine prose: Simbol untuk pelaksanaan suatu bagian.



Display: Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer, dsb.


Disk and On-line storage: symbol yang menyatakan input yang berasal dari disk atau disimpan diDisk.


Mengetik tape Unit: Simbol yang menyatakan input berasal dari pita magnetik atau output disimpan ke pita magnetik.


Punch Card: Simbol yang menyatakan bahwa input berasal dari kartu atau output di tulis ke kartu.


Dokumen: Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas.




HUBUNGAN PEMUTUSAN
Struktur program yang melakukan proses pengujian untuk mengambil suatu keputusannya, apakah suatu garis atau blok intruksi akan diprose atau tidak syarat dalam pemrograman adalan sebuah pernyataan Boolean yang dapat bernilai benar atau salah biasanya sebuah syarat terdiri operan yang dihubungkan dengan operator logika .

HUBUNGAN ANTAR KONDISI
  • Hubungan AND
Merupakan hubungan antar kondisi yang menyaratkan kedua kondisi terpenuhi.

  • Hubungan OR
Merupakan hubungan antar kondisi yang mensyaratkan hanya salah satu kondisi terpenuhi.


LANGKAH PEMBUATAN PROGRAM
Flocawrt Pseudocode Program.
Pengertian: Kita buat dulu Flowcart masalahnya, kemudian kita ubah ke Pseudocode atau di deklarasikan lalu baru kita masukkan ke sebuah Program.

STRUKTUR PENGULANGAN (LOOPING)
Struktur yang dapat melakukan pengulangan sederet instruksi sesuai persyaratan yang ditetapkan.
Struktur Perulangan terdiri atas:
  1. Kondisi perulangan yaitu suatu kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dapat terjadi.
  2. Badan/body perulangan yaitu deretan instruksi yang akan diulang.
  3. Pencacah/(counter) perulangan yaitu suatu fariabel yang nilainya harus berubah agar dapat terjadi perulangan dan pada akhirnya membatasi jumlah perulangan.
Ada tiga macam bentuk perulangan, yaitu:
  1. While – Do
  1. Repeat – Until
  1. For

1 komentar: