Sabtu, 16 Oktober 2010

ORGANISASI KAMPUS ASIA

ASPAL
ASPAL (Asia Pecinta Alam) adalah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang berada di bawah naungan kemahasiswaan STMIK & ASIA Malang, serta tidak bersifat politik. Nama ASPAL sendiri di ambil sebagian dari nama kampus ASIA dan selebihnya adalah pecinta alam.
ASPAL (Asia Pecinta Alam) didirikan pada tanggal 29 Mei 2005. Akhir tahun 2005-2006 ASPAL mengalami kefakuman, pada tahun 2007 ASPAL mulai dirintis kembali, dan tahun 2008 ASPAL melakukan deklarasi.

  • Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar)
Diklatsar adalah sebagai sarana pendidikan untuk calon anggota baru. Yang tujuannya adalah mengenalkan ASPAL dan lingkunganya, dengan cara diberikan pendidikan yang didalamnya ada materi-materi dasar tentang kepecinta alaman.

  • Dies Natalis
Dies Natalis adalah suatu kegiatan untuk memperingati hari ulang tahun ASPAL. Dimana dalam kegiatan ini ASPAL turut mengundang semua organisasi Pecinta Alam yang berada di malang raya dan sekitarnya. Dengan begitu akan terjalin rasa persaudaraan yang erat antar organisasi Pecinta Alam.

  • Mountaineering (Gunung Hutan)
Sering kali kita kenal dengan montainering yang merupakan olahraga di alam bebas seperti halnya di suatu pegunungan. Banyak sekali materi-materi yang kita dapatkan disana, misalnya survival yang mana kita bisa bertahan hidup di alam bebas. Materi peta kompas yang sering di kenal dengan navigasi darat yang berfungsi untuk megetahui medan, dikala kita kehilangan arah jalan, maka sangat dibutuhkan sekali materi navigasi. Dan yang sangat menarik lagi disana disaat kita melakukan ekspedisi bersama dengan team, dari situlah kita bisa berinteraksi lebih dengan team, mengenai kekompakan, kekeluargaan dan saling memahami karakter team.

  • Caving (susur goa)
Gua merupakan salah satu wisata petualangan yang menghadirkan keindahan dunia bawah tanah yang tidak akan pernah anda temui dipermukaan. Ornamen-ornamen gua seperti yang terbentuk oleh tetesan air selama ratusan bahkan ribuan tahun dan telah mengalami proses kristalisasi menampilkan sebuah panorama eksotis dan mempesona yang tidak akan terlupakan. Di situ kita bisa belajar Speleologi  yaitu ilmu mempelajari goa termasuk proses pembuatannya (speleogenesis), stuktur, fisik, sejarah dan aspek biologis.

  • ORAD (Olah Raga Arus Deras)
Orad atau rafting adalah kegiatan yang memadukan unsur olahraga, rekreasi, petualangan dan edukasi. Tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti kegiatan ini, karena hampir semua orang bisa melakukannya, bukan hanya dari Organisasi Pecinta Alam tetapi juga dari kalangan umum.

  • Rock Climbing
Kegiatan ini merupakan teknik pemanjatan tebing batu yang memanfaatkan cacat batu tebing (celah atau tonojolan) yang dapat dijadikan pijakan atau pegangan untuk menambah ketinggian dan merupakan salah satu cara untuk mencapai puncak. Rock Climbing bukan hanya menjadi komoditi industri olah raga dan petualangan saja. Tetapi aplikasinya juga telah menjadi komoditas industri-industri lainya seperti wisata petualangan, outbond training, entertainment, iklan dan film, serta industri-industri lainya yang membutuhkan jasa ketinggian. Oleh karena itu perlu ilmu rock climbing yang sangat mendasar sebagai acuan yang kuat dari dalam dunia rock climbing itu sendiri


2. ASMIK
3.HMJ TI
4.IMKA
5DESAIN SQUAD
6.AR-RAHMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar